Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin ST saat melantik 3 orang Datok (Kades) terpilih, periode 2020-2026, diantaranya, Datok kampung Kesehatan, Datok Kampung Bundar dan Datok Kampung Alur Bemban, Kecamatan Karang Baru, berlangsung, di Gedung SPN

Datok Penghulu Dituntut Visioner, Kreatif dan Inovatif 

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Wakil Bupati Aceh Tamiang T Insyafuddin ST mengatakan, "Datok Penghulu dituntut untuk lebih Visioner, Kreatif dan Inovatif". 
 
Hal itu disampaikannya, saat melakukan pelantikan terhadap 3 orang Datok (Kades) terpilih periode 2020-2026, Kampung Kesehatan, Kampung Bundar dan Kampung Alur Bemban, Kecamatan Karang Baru, berlangsung di Gedung SPNF SKB Karang Baru, Aceh Tamiang, Jum'at (14/2/20).
 
Wakil Bupati Aceh Tamiang T Insyafuddin ST dalam arahannya mengatakan bahwa pelantikan Datok Penghulu ini, kiranya dapat mempercepat pelayanan terhadap masyarakat, mempercepat pecairan dana ADD, sehingga meningkatnya ekonomi masyarakat dan juga menjadi amal jariah kita nantinya.
 
“Semoga Datok Penghulu yang terpilih dan dilantik hari ini dapat memaksimalkan kinerjanya serta mendukung visi dan misi Pemerintahan Bermutu karena Datok Penghulu merupakan ujung tombak keberhasilan di desa ”, kata Tengku Insyafuddin.
 
Dalam kesempatan itu, Wabup juga menyampaikan, terpilihnya datok di wilayah kerja masing-masing, mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik, oleh karena itu, dalam menjalankan kepemimpinannya Datok Penghulu dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif serta mempunyai kewenangan untuk mengurus kehidupan masyarakat yang dituangkan dalam Qanun Kampung.
 
Selain itu, lanjutnya, Datok juga dituntut untuk menggali dan mengeloal potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki dan harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah yang diterima oleh kampung.
 
"Selamat kepada Datok Penghulu yang baru dilantik, diharapkan  para Datok dapat mengemban amanah dan pengabdiannya dalam memimpin kampung", kata Tengku Insyafuddin.
 
Sementara para Datok Penghulu yang dilantik diantaranya, Datok Penghulu Kesehatan Syariful Alam, Datok Penghulu Bundar, Almahdar dan  Datok Penghulu Alur Bemban, Misnan dalam wilayah Kecamatan Karang Baru.
 
Pantauan media ini, proses pelantikan dan serah terima jabatan berjalan lancar, terlihat dihadiri masing-masing pendukung.
 
Pelantikan itu ikut dihadiri, Kepala BPMKPP dan Keluarga Berencana, Mix Donal, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, unsur Forkopimcam Karang Baru, Para Kepala Mukim dan Datok Penghulu dalam Kecamatan Karang Baru, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan insan pers. (Tarmizi / SL)